cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left play

Cermat Kelola Uang untuk Orang Tua Baru

by NiaKawai

( image source from Pinterest )

 

Kelahiran buah hati selalu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Persiapan pastinya sudah dilakukan sejak jauh hari. Mulai dari membeli perlengkapan bayi, biaya persalinan, hingga biaya lain-lain seperti biaya ke dokter jika si kecil tiba-tiba sakit.

Nah, saat sudah hadir di tengah-tengah keluarga, kebutuhan yang dikeluarkan menjadi semakin banyak. Jika tidak teliti, bisa saja, kantong jebol sebelum waktunya.

Perencana keuangan Prita Ghozie mengatakan, saatnya membuat anggaran bulanan yang baru karena ada tambahan biaya hidup harian. “Jika penghasilan tidak nambah, pos pengeluaran hiburan sebaiknya harus dikurangi,” katanya.

Yang harus diprioritaskan menurutnya saat ini adalah biaya konsumsi harian, biaya rumah tangga, dan juga kesehatan. Usahakan memberikan ASI ekslusif. Selain menghemat pengeluaran untuk membeli susu formula, ASI terbukti lebih bagus untuk si kecil.

Agar lebih teratur, buat alokasi pengeluaran dengan sistem amplop atau pembagian rekening. Bayarlah biaya-biaya rutin dengan kartu debit atau tunai. “Hindari pembelanjaan dengan sistem cicilan kartu kredit,” terangnya.

Sebab menurutnya, tujuan keuangan baru yang harus diprioritaskan adalah dana darurat, dana pendidikan dan asuransi jiwa.

Mengelola uang memang susah-susah gampang. Karena sebagai orang tua, salah satu tugas adalah menjaga kondisi finansial tetap terjaga. Oia satu lagi, boleh lho menyisihkan kembalian belanja bulanan untuk membeli baju-baju lucu dari JUMMAKIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *