cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left play

IBU INSPIRATIF JUMMA JUNI 2017

Ibu Inspiratif Jumma dipilih setiap bulannya, dan kali ini di bulan Juni 2017 ini, Jumma Kids memilih Almaviva Landjunan (@almaviva), seorang ibu dan juga seorang blogger dari sebuah website ini sebagai Ibu Inspiratif Jumma bulan Juni 2017.

Wanita yang akrab dipanggil dengan nama Nyanya ini adalah seorang ibu dari satu orang anak perempuan yang tumbuh dengan cantik selama 7 tahun yang bernama Artanya Rinjani. Selain menjadi ibu rumah tangga, Nyanya juga disibukkan dengan kegiatannya diluar sebagai freelancer dari salah satu boutique terkenal di Bandung. Nyanya berhasil membesarkan anaknya atas dukungan dari suaminya, Ing Landjunan, seorang Creative Director dan juga salah satu owner dari clothing brand terkenal di Bandung.

Diluar kegiatannya sebagai Ibu Rumah Tangga dan Freelancer ini, Nyanya juga rajin membuat artikel di sebuah website, www.thebabybirds.net. Terbentuknya blog The Baby Birds ini berawal dari perbedaan kota dari Nyanya dan suaminya jauh sebelum mereka menikah. Cara mereka berkomunikasi dalam menghadapi Long Distance Relationship adalah dengan memposting semua kegiatannya di blog ini. Namun sejak Nyanya dan Ing menikah, blog ini digunakan untuk menceritakan setiap kegiatan dari keluarga kecilnya ini. Selain kegiatan dari keluarga, Nyanya dan keluarga juga menjual merchandise yang bisa di order sesuai keinginan dari pengunjung blog itu.

Untuk mengisi waktu luangnya, Nyanya dan Rinjani senang membuat barang-barang DIY. Barang yang baru saja dibuat adalah Fidget Spinner yang terbuat dari kardus. Semua barang-barang DIY yang dibuatnya, ia posting di blognya. Sebagai seorang ibu, Nyanya tidak pernah mengatur keinginan dan harapan dari Rinjani kedepannya. Ketika si kecil senang menggambar, Nyanya tidak pernah mengatur bagaimana dan harus seperti apa gambar yang akan dibuat Rinjani. Nyanya dan suami hanya bisa memberikan pembelajaran seputar dunia seni (karena mereka berdua dari dunia seni), jadi untuk selebihnya Nyanya serahkan kepada pihak sekolah dan lingkungan dari Rinjani.

Tantangan terbesar dalam membesarkan Rinjani adalah mengajarkan Rinjani dalam berkomunikasi dengan lingkungannya. Kedekatan Nyanya dan anaknya ini memang sangat dekat, saking dekatnya Rinjani agak kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang-orang baru. Selain itu, Nyanya juga tidak menjauhkan Rinjani dari teknologi karena mau tidak mau Rinjani pasti harus berkenalan dengan teknologi.

Selain itu, Nyanya dan Ing juga membuat sebuah trip khusus di setiap hari ulang tahun Rinjani. Kegiatan yang diberi nama #RinjaniBirthdayTrip ini dilakukan awalnya karena keinginan kedua orang tuanya untuk jalan-jalan di setiap tahunnya. Tidak harus keluar negeri, mereka juga akan bepergian di sekitaran Indonesia bahkan Bandung. Dan kegiatan ini juga dilakukan agar Rinjani mengetahui tempat-tempat baru. Alasan lainnya kenapa #RinjaniBirthdayTrip ini dilakukan karena sekolah Rinjani yang tidak memperbolehkan ada acara ulang tahun di sekolah, jadi kegiatan ini dijadikan “Sweet Escape” dari keluarga kecil Landjunan ini.

Tips dalam membesarkan anak versi Nyanya dan Ing adalah Fun. “Segala sesuatu harus dibawa enjoy”. Ketika punya anak, jangan jadikan anak adalah halangan untuk pacaran. Ketika mau nonton konser, ajaklah si kecil untuk menonton konser. Walaupun tidak se-praktis ketika hanya berdua, pastikan semuanya diurus lebih awal misalnya email kepada promotornya apakah boleh membawa anak, kalau boleh bawakan earplug, dan lain sebagainya.

Leave a Reply