cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left

CERMAT DALAM MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN ANAK

Cermat dalam mempersiapkan masa depan anak. Pendidikan, menjadi salah satu kebutuhan penting dalam menyiapkan tumbuh kembang anak. Dunia terus berputar, dan tanpa disadari, biaya pendidikan semakin mahal.

“Siapkan pendidikan anak, semakin dini makin baik,” kata pengelola keuangan Safir Senduk.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara cermat dalam mempersiapkan masa depan anak? Bagaimana pula menyiapkan keuangan untuk pendidikan dengan cara aman dan dan tepat?

Pasalnya, ada banyak sekali cara untuk menyimpan uang dalam jangka panjang. Mulai dari tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, dan reksadana. Semua produk masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Asuransi pendidikan misalnya. Produk ini biasanya dikemas sekaligus dengan asuransi jiwa. Sebagai contoh, jika anda milih asuransi pendidikan dengan premi hingga 1 miliar, maka jika si kecil akan masuk sekolah, anda akan mendapat 10 persen dari premi. Hasil berikutnya akan didapat saat ke jenjang berikutnya.

“Kelebihan dari asuransi simpel, dan pasti dapat hasil. Tapi hasilnya kecil,” terangnya.

Lanjut ke produk berikutnya tabungan pendidikan. Bank mulai berlomba membuat tabungan jenis ini. Produk ini menharuskan nasabah menabung setiap bulannya dan sistimnya rekening dikunci. Kelebihannya tentu saja hasil lebih besar, dan sesuai dengan uang yang ditabung plus bunga. “Namun kelemahannya bunga tidak pasti karena mengikuti ketentuan bank, dan berubah setiap tahunnya,” kata Safir lagi.

Selanjutnya ada juga reksadana. Sayangnya untuk produk yang satu ini, banyak masyarakat yang masih belum melek dan ‘engeh’ apa itu reksadana. Reksadana terdiri dari berbagai macam jenis, dan anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

“Risikonya memang besar, tapi hasilnya memang lebih besar pula,” terangnya.

Nah, pertanyaannya? Dari semua tabungan dan produk di atas, mana yang paling disarankan? Reksadana dianggap yang paling memberikan hasil yang besar di antara asuransi dan tabungan. Pilihlah reksadana sesuai kebutuhan. Pilihlan antara reksadana saham atau pendapatan tetap. Jangan lupa cermat dalam berhitung, agar uang yang dikumpukan untuk pendidikan anak di masa depan bisa digunakan dengan semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *