cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left

DIBALIK GIGI YANG SEHAT, ADA SI KECIL YANG SEMANGAT

Dibalik gigi sehat, ada si kecil yang semangat. Hal ini karena si kecil akan terhindar dari sakit gigi. Bahkan, drg Caterin Novista Putri menyarankan agar anak-anak diperkenalkan aktifitas menggosok gigi sejak dini, yaitu sejak belum tumbuh gigi. “Jadi yang dilakukan adalah menggosok lidah, bagian dalam pipi dan bibir. Hal ini bertujuan agar saat anak sudah mempunyai gigi, mereka sudah terbiasa dengan kegiatan membersihkan mulut yang dilakukan ibunya atau pengasuhnya,” katanya.

Lalu, bagaimana ya, cara membiasakan menggosok gigi, agar si kecil sudah paham, bahwa ini sehat dan baik untuk dilakukan? Kuncinya adalah membuat aktifitas ini menyenangkan. “Beli sikat gigi yang lucu kesukaannya, beli juga pasta gigi dengan rasa yang mereka suka, berikan gelas kumur bentuk lucu yang mereka suka,” sarannya.

Namun, tak cukup sampai situ, temani juga mereka menggosok gigi pada pagi dan malam hari. Pastikan jika tidak ada sisa makanan yang tertinggal. Beliau juga menyarankan, untuk melakukan beberapa hal, agar gigi tetap terjaga kesehatannya. Misalnya, batasi makanan dan minuman yang manis-manis dan lengket. Kemudian perbanyak minum air putih karena ini berfungsi untuk membersihkan mulut secara otomatis dan dapat meningkatkan produksi air ludah sehingga mulut dapat lebih bersih dari sisa makanan dan minuman. Jaga Makanan Menjaga makanan juga perlu.

Sayangnya, untuk anak-anak, kita tidak bisa benar-benar menghindari dan melarang mereka untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu. Sebab, anak-anak memang cenderung ini tau banyak hal. Sebagai orang tua, lanjutnya, harus bisa memberi batasan agar kesehatan gigi si kecil tetap terjaga. Batasi makanan manis-manis. “Sebab, permen, coklat, dan makanan-makanan lain yang manis dan lengket memang berpotensi tertinggal didalam mulut, terutama disela-sela gigi dan susah dibersihkan,” ujarnya.

Terakhir, untuk menjaga tetap sehat dan terawat, jangan lupa rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Gigi sehat, senyum anak-anak makin ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *