cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left

Mengatasi Si Kecil yang Pilih-pilih Makanan

Mengatasi Si Kecil yang Pilih-pilih Makanan. Selain sulit makan, salah satu yang sering kali dikeluhkan orang tua adalah kebiasaan anak-anak yang terlalu pemilih soal makan. Kebiasaan ini tentu tidak baik. Karena, di masa pertumbuhan, anak-anak harus cukup makan agar gizi tercukupi.

Tentunya tak mudah, agar anak mau makan dengan porsi yang cukup. Orang tua harus sabar dan tetap tenang menghadapi anak yang sulit makan dan pemilih.

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, kebiasaan pilih-pilih makanan termasuk food preference. Penolakan makanan juga masuk dalam istilah ini. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Picky eater, atau pilih-pilih makanan berarti anak mau mengonsumsi berbagai jenis makanan baik yang sudah maupun yang belum dikenalnya tapi menolak mengonsumsi dalam jumlah yang cukup. Lalu bagaimana mengatasi si kecil yang pilih-pilih makanan?

  1. Anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orang tua. Kebiasaan makan, salah satunya. Jika orang tua enggan makan sayur, anak akan meniru. Selalu sajikan makanan berimbang setiap harinya, dan pastikan semua anggota keluarga makan apa yang sudah disiapkan.
  1. Sajikan makanan dalam porsi kecil. Dengan cara ini, selain tak membuang makanan, anak-anak juga belajar merasakan makanan sebelum mengkonsumsinya.
  1. Sajikan makanan di meja makan yang mudah dijangkau, dan sesuai dengan permintaan. Berilah berbagai variasi dan pilihan. Dengan begitu, anak-anak akan memakan apa yang menjadi pilihannya.
  1. Jika ada menu baru, jangan langsung menyerah jika si kecil tak mau memakannya. Berilah penjelasan hingga 10 sampai 15 kali tentang menu baru itu.
  1. Berikan contoh makan yang menyenangkan. Anak-anak cenderung meniru. Jika anak-anak melihat orang lain memakan makanan serupa, anak akan tertarik mencoba.
  1. Jadilah orang tua yang tenang dan tak mudah panik. Jika anak-anak menolak makan, jangan lantas marah dan panik.
  1. Berikan beberapa pilihan. Sehingga, jika anak-anak tak ingin memakan satu menu, masih ada menu lainnya.
  1. Tak masalah memberi hadiah jika si kecil mau menghabiskan makanannya. Buatlah komitmen dengan si kecil. Hadiah tentu bisa bermacam-macam, namun bisa dengan cara mengajaknya makan di luar lain hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *