cart menu search facebook twitter instagram youtube-play close angle-right angle-left play

Sarapan Yuk!

Breakfast is the most important meal of the day.

Ada kalanya, orang melewatkan sarapan dengan alasan terburu-buru atau belum lapar. Padahal, sarapan diperlukan oleh tubuh setelah beberapa jam “berpuasa”. Tak hanya untuk orang dewasa, puasa juga sangat penting untuk anak-anak.

Sarapan, selain mempengaruhi daya ingat dan konsentrasi, juga berfungsi membuat anak-anak mudah menjalankan semua aktifitas pada hari itu. Sarapan juga mencegah kegemukan jika pilihan menu yang dikonsumsi tepat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sarapan secara rutin juga menjamin kebutuhan vitamin dan mineral secara rutin. Itulah mengapa istilah breakfast is the most important meal of the day harus menjadi moto hidup setiap orang.

Staf Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK UI, Titis Prawitasari mengatakan, Sarapan memengaruhi kerja otak lewat dua mekanisme. “Pertama meningkatkan efisiensi proses berpikir serta menyediakan zat gizi yang esensial bagi sistim saraf pusat,” katanya.

Sarapan rutin terbukti memberi pengaruh positif terhadap metabolisme tubuh. “Kadar kolesterol bebas dan trigliserida terjaga, sehingga dalam jangka panjang akan memberi efek yang baik bagi kesehatan jantung,” katanya.

Lalu, makananan seperti apa yang baik untuk sarapan? Tak perlu khusus. Cukup dengan gabungan karbohidrat sebagai asupan energi serta ditambah karbohidrat kompleks yang dapat mempertahankan gula darah. Karbohidrat misalnya nasi dan roti. Jangan lupa, protein dan lemak dalam komposisi yang tepat untuk memberikan kontribusi dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Nah, roti bisa ditambahkan susu, dan keju. Untuk nasi, bisa juga dengan lauk pauk maupun sumber protein dari telur. “Biasanya 50 persen dari energi dari sarapan berasal dari karbohidrat,” tambahnya lagi. Jika tak cukup banyak waktu untuk memasak sarapan, Ibu bisa menyiapkan sereal atau produk susu.

Selain efisien, sarapan dengan produk tersebut tak memerlukan banyak waktu. Meski begitu, sarapan tidak terbatas pada jenis tertentu. Di Indonesia misalnya, banyak sekali jenis sarapan yang menjadi ciri khas setiap daerah. Dan yang paling penting, sebagai orang tua, jangan lupa menanamkan nilai yang baik, untuk sarapan. Kebiasaan yang baik harus dibiasakan sedini mungkin. Dan ingat, breakfast is the most important meal of the day.

an article by Nia Kawai

Leave a Reply